Kantong Colostomy

Kantong colostomy ialah kantong yang digunakan sebagai penampung feses yang di rekatkan pada stoma yang berada pada dinding perut pasien. Kantong Colostomy ini bervariasi harganya, dimulai dari harga yang murah sampai dengan harga yang mahal. Kantong colostomy apabila dilihat dari harganya mencerminkan kualitas dan jenis dari kantong kolostomi tersebut. Tentunya harga kantong kolostomi akan di jual mahal apabila kantong tersebut memiliki kualitas yang bagus. Namun dalam memilih kantong kolostomi tidak hanya cukup dilihat dari harganya saja melainkan jenisnya juga.


Kantong Colostomy
kantong kolostomi


Macam-macam Kantong Colostomy 

Kantong colostomy ini terdiri dari beberapa macam diantaranya ialah sebagai berikut :

  • Kantong kolostomi yang pertama yaitu kantong kolostomi yang di dasarkan pada jenis “Base Plate”/“Faceplate”/Lapisan dasar yang menempel di kulit sekitar stoma. terdapat dua buah tipe kantong kolostomi dari jenis kantong kolostomi ini. Tipe yang pertama ialah tipe “One piece system”/sistem satu lempengan (lapisan). Pada tipe tipe “One piece system”/sistem satu lempengan (lapisan) di sistem ini lapisan dasarnya ada yang seperti perekat “double tape” saja, dan ada pula yang memiliki “skin barrier”. Sedangkan tipe yang kedua ialah “Two pieces system” yaitu sistem dua lempengan (lapisan)”. Pada tipe “Two pieces system” yaitu sistem dua lempengan (lapisan)” di sistem ini lapisan dasarnya sudah dibekali dengan “skin barrier”, dan pasangannya atau tangkupannya sesuai dengan ukurannya masing-masing (tidak boleh beda ukuran). 
  • Kantong kolostomi yang kedua ialah kantong kolostomi yang di dasarkan menurut bentuk “Base Plate” atau “Faceplate” atau “Wafer”. Kantong kolostomi ini merupakan lapisan dasar yang menempel pada kulit sekitar stoma. Terdapat 2 (dua) jenis kantong kolostomi ini diantaranya ialah standard atau Normal flange base plate atau face plate dan convex flange base plate atau face plate. 
  • Kantong kolostomi yang ketiga ialah kantong kolostomi yang di dasarkan menurut bentuk kantong stomanya. Ada 3 (tiga) jenis dari kantong kolostomi ini, diantarnaya ialah Closed pouch atau kantong yang tertutup pada bagian bawahnya, dan drainable pouch atau kantong yang terbuka pada bagian bawahnya (barus ditutup menggunakan klip, serta mini closed pouch atau kantong stoma yang kecil. 
  • Kantong kolostomi yang keempat ialah kantong kolostomi yang di dasarkan menurut warna kantong stomanya. Ada 2 (dua) kantong kolostomi dari jenis ini, yaitu Clear bag atau Transparant bag/kantong transparan dan Opaque bag/kantong warna gelap (sesuai dengan warna kulit). 
  • Kantong kolostomi yang kelima ialah kantong kolostomi berdasarkan menurut jenis stomanya. Ada 2 (dua) kantong kolostomi dari jenis ini yaitu kantong stoma untuk menampung feses, dan kantong stoma untuk menampung urin. 
Dari beberapa jenis kantong kolostomi, terdapat aturan atau anjuran mengenai pemilihan kantong kolostomi agar menghasilkan hasil yang diharapkan diantaranya ialah pada pasien pasca operasi hari ke 0–3 atau 5 (sesuai jumlah produksi stoma) disarankan untuk menggunakan kantong stoma yang transparan, supaya mudah diobservasi. Pada pasien yang akan pulang ke rumah disarankan untuk menggunakan kantong stoma yang gelap, agar rasa percaya diri pasien meningkat. Khusus untuk “Ostomate” dengan stoma kolon, apabila ingin berenang dapat menggunakan kantong stoma yang kecil atau mini closed pouch. Maka dari itu sangatlah penting untuk mengetahui berbagai informasi termasuk tentang kantong kolostomi ini. Utamanya untuk orang atau pasien yang menggunakan kantong kolostomi akan sangat bermanfaat untuk mengetaui berbagai macam jenis kantong kolostomi yang ada dan dapat digunakan.





Oleh : Bidan Rina
Sumber :

  • Buku Keperawatan Medikal Bedah




Terima kasih untuk Like/comment FB :