Kolostomi Adalah

Seseorang yang mengalami gangguan pada saluran pembuangan baik pada anus maupun saluran lainnya sehingga tidak dapat buang air besar secara normal akan dilakukan operasi dengan memotong usus besar kemudian dikeluarkan melalui dinding perut. Tujuannya untuk mengalihkan saluran pembuangan feses atau BAB melalui lubang buatan ini. Inilah yang disebut dengan kolostomi. Jadi kolostomi adalah lubang yang dibuat dengan memotong usus besar dan dikeluarkan di dinding perut uang mengeluarkan kotoran BAB atau feses.

Kolostomi permanen dan sementara

Kolostomi sifatnya bisa sementara dan bisa juga permanen atau selamanya :

1. Kolostomi sementara

Kolostomi ini biasanya dilakukan dalam proses pengobatan pada saluran pembuangan seperti anus atau bagian yang lain. Apabila pengobatan telah selesai dan pasien dinyatakan sehat maka akan dioperasi kembali untuk menyambung usus besar dan menutup lubang di dinding perut kemudian pasien dapat buang air secara normal melalui anus. 

2. Kolostomi selamanya atau permanen

Kolostomi yang sifatnya permanen biasanya dilakukan pada pasien yang penyakit atau sebab lain pada saluran pembuangan seperti anus menyebabkan daerah tersebut tidak berfungsi sama sekali. Misalnya pasien terkena kanker anus yang menyebabkan daerah tersebut harus diangkat secara permanen.

Orang yang memiliki kolostomi baik permanen maupun sementara dapat hidup secara normal seperti orang sehat pada umumnya. Mereka dapat berjalan, bekerja, memasak, bahkan melakukan aktifitas berat seperti berolahraga berlari dan berenang.

Kantong kolostomi

Kolostomi harus dikelola dengan baik karena tidak sepeti buang air besar secara normal melalui anus yang dapat dikontrol kapan keluar dan kapan tidak, BAB melalui kolostomi tidak dapat dikontrol. BAB dapat keluar kapan saja tanpa dapat dikendalikan, oleh karena itu diperlukan alat penampung yang disebut dengan kantong kolostomi atau dalam bahasa Inggris disebut colostomy bag.

Kantong kolostomi adalah wadah penampung BAB yang keluar melalui kolostomi menempel pada kulit perut menggunakan perekat berupa lem khusus. Lem khusus ini memungkinkan kantong kolostomi tersebut menempel terus menerus dalam jangka waktu tertentu pada dinding perut.

Kantong kolostomi yang dijual di pasaran saat ini secara umum ada 2 tipe, yaitu tipe open/drainable dan tipe close/non drainable :

1. Kantong kolostomi tipe open/drainable

Kantong kolostomi tipe open/drainable

Kantong kolostomi tipe ini memiliki lubang di bagian bawah yang biasanya ditutup menggunakan klem atau semacam plester. Tujuannya apabila kantong sudah berisi atau sudah penuh kotoran BAB dapat dibuang dengan membuka lubang tersebut. Lalu setelah dibersihkan dapat ditutup kembali begitu berulang kali dan dapat dipergunakan sampai beberapa hari.

2. Kantong kolostomi tipe close/non drainable

Kantong kolostomi tipe close/non drainable

Kantong kolostomi tipe ini tertutup rapat seluruhnya sehingga apabila sudah terisi penuh dengan kotoran BAB harus dibuang. Kantong tipe ini biasanya digunakan untuk pasien yang luka operasinya masih basah yaitu yang kurang dari satu bulan.

Jual kantong kolostomi

TokoAlkes adalah Toko Alat Kesehatan dan Kedokteran yang memiliki ijin resmi dari Kementerian Kesehatan untuk menjual dan menyalurkan Kantong kolostomi. Kami menjual colostomy bag berbagai merk, jika anda berdomisili di Kota Bandung dan sekitarnya bisa datang langsung ke alamat berikut ini :

TokoAlkes®

Jl. Pasir kaliki no. 239 B (depan Rumah Sakit Hasan Sadikin) Bandung
Telp. 0851 0117 9366 / 022 2032522
SMS / WhatsApp : 0822 144 623 86 / 081 12 2345 05
BBM : 29EAB6F3

Toko Online jual kantong kolostomi

Kami melayani pengiriman ke seluruh Indonesia, menggunakan ekspedisi TIKI, JNE, POS dan sebagainya, ongkos kirimnya cukup murah misalnya ke Jakarta dan sekitarnya sekitar 10 ribu an per kg dengan waktu pengiriman 1-2 hari. Silahkan kunjungi toko online kami www.tokoalkes.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :