Kantong Kolostomi Di Perut

Kantong kolostomi adalah wadah penampung feses bagi pasien yang mengalami operasi colon (usus besar). Tujuan operasi ini adalah mengalihkan saluran pembuangan yang awalnya melalui anus, karena sebab atau alasan tertentu anus atau saluran lainnya tidak dapat digunakan maka dibuatkan saluran pembuangan di dinding perut. Kantong kolostomi di perut ditempelkan dengan perekat supaya kotoran atau feses tidak tumpah kemana mana. Usus yang dikeluarkan dari dinding perus disebut dengan stoma.

Berbeda dengan anus yang dapat diatur kapan keluar dan kapan tidak, stoma tidak dapat diatur kapan keluarnya. Jadi kantong kolostomi harus terus menerus dipasang di dinding perut. Jika kantong sudah tidak menempel dapat menggunakan perekat tembahan yanit pasta colostomi.

Gambar stoma

Kantong kolostomi di perut

Bagian kantong kolostomi di perut

Bagian-bagian penting dari kantong kolostomi di perut adalah sebagai berikut :

1. Kantong kolostomi


Kantong kolostomi terdiri dari dua jenis yaitu tipe open dan close. Tipe open adalah yang ada bukaan di bagian bawahnya dan dapat ditutup dengan klem penjepit. Bukaan berfungsi untuk membuang gas dan kotoran dengan cara membuka klem penjepitnya. Tipe ini dapat digunakan sampai berhari hari, jadi jika dihitung lebih ekonomis. Kantong kolostomi tipe open sebaiknya digunakan untuk luka operasi yang sudah kering yaitu sekitar satu bulan atau lebih.

Kantong kolostomi tipe open

Tipe close atau disebut non drainable tidak memiliki bukaan, jadi apabila ada gas atau isinya sudah cukup penuh harus dibuang. Tipe ini cocok digunakan bagi orang yang luka operasinya masih baru yaitu dibawah satu bulan. Harga satuan kantong tipe ini biasanya jauh lebih murah.

Kantong kolostomi tipe close

2. Klem penjepit

Kantong kolostomi tipe open dengan penjepit 

Penjepit kantong kolostomi

Klem khusus digunakan untuk kantong kolostomi yang tipe open, fungsinya supaya mudah buka dan tutup bukaan kantong kolostomi bagian bawah. Biasanya setiap pembelian 10 buah kantong kolostomi tipe open akan mendapatkan satu buah penjepit gratis. Penjepit ini dapat digunakan berulang kali kecuali jika rusak atau patah harus diganti dengan yang baru.

3. Pasta

Pasta kolostomi

Pasta digunakan sebagai perekat tambahan untuk kantong kolostomi yang sudah tidak lengket di dinding perut. Kadang-kadang luka bekas operasi yang masih baru mengeluarkan cairan yang menyebabkan kantong kolostomi tidak dapat menempel kembali, untuk mengatasinya gunakan pasta ini.

Jual kantong kolostomi di perut

TokoAlkes adalah Toko Alat Kesehatan dan Kedokteran yang memiliki ijin resmi dari Kementerian Kesehatan untuk menjual dan menyalurkan Kantong kolostomi. Kami menjual colostomy bag berbagai merk, jika anda berdomisili di Kota Bandung dan sekitarnya bisa datang langsung ke alamat berikut ini :

TokoAlkes®

Jl. Pasir kaliki no. 239 B (depan Rumah Sakit Hasan Sadikin) Bandung

Telp. 0851 0117 9366 / 022 2032522
SMS / WhatsApp : 0822 144 623 86 / 081 12 2345 05
BBM : 29EAB6F3

Toko Online jual kantong kolostomi di perut

Kami melayani pengiriman kantong kolostomi di perut ke seluruh Indonesia, menggunakan ekspedisi TIKI, JNE, POS dan sebagainya, ongkos kirimnya cukup murah misalnya ke Jakarta dan sekitarnya sekitar 10 ribu an per kg dengan waktu pengiriman 1-2 hari. Silahkan kunjungi toko online kami www.tokoalkes.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :